Just another WordPress.com site

pemilihan kelinci

Yuks qt belajar cara memilih kelinci yg bagus supaya g dibo’ongin

Ada beberapa hal yg mesti diperhatikan saat memilih kelinci, diantaranya adalah

1. Bagian wajah

Pilihlah kelinci yg memiliki sorot mata yg tajam dan tidak sayu, ini menunjukan kelinci tsb dalam keadaan sehat. Cek juga bagian hidung kelinci tsb, jika pada bagian hidung kelinci tsb terdapat ingus/air, kemungkinan kelinci tsb sedang terserang flu. Perhatikan juga gigi kelinci tsb. Kelinci yg baik memiliki gigi taring yg kokoh namun tidak tajam. Selain mata, hidung dan gigi bagian lainya yg juga harus mendapat perhatian adalah bentuk telinga. Telinga yg baik adalah telinga yg tegak dan berdiri pada kedua bagianya(kecuali untuk jenis loop).

2. Bagian Kaki

Kaki yg baik pada kelinci adalah kaki yg tegak seperti pada kuda/sapi. Oleh karena itu saat akan membeli kelinci lihatlah terlebih dahulu keadaan kelinci ketika berdiri, karena sulit untuk melihat bentuk kaki kelinci ketika kelinci tsb dalam keadaan tiduran. Bentuk kaki yg kurang baik adalah bentuk kaki yg menyerupai huruf “O” dan bentuk kaki yg melebar kearah luar.

3. Bentuk Badan

Kelinci yg baik memiliki bentuk badan yg gempal dan berisi. Untuk melihat bentuk badan yg baik, coba tidurkan kelicni yg akan kita beli dan lihat dari belakang(dari ekor). Bentuk badan yg baik menyerupai huruf “O” atau berbentuk lingkaran,..hal ini menunjukan bahwa badan kelinci tersebut penuh dengan daging. Sedangkan bentuk badan yg kurang baik akan menyerupai bentuk segitiga ketika dilihat dari belakang. Hal ini menunjukan bahwa kelinci tsb kurus dan badanya kurang berisi.

4. Bentuk Ekor

Bentuk ekor yg baik adalah yg lurus(sejajar dengan tullang belakang kelinci) dan tegak keatas.

5. Aktif namun tidak hiperaktif

Pilihlah kelinci yg aktif namun tidak hiperaktif. Kelinci yg aktif dapat dilihat dari tingkahnya yg sering loncat kesana kemari dan senang/tertarik dengan mainan/barang2 yg kita berikan. Namun hati2 dengan kelinci yg hiperaktif atau suka menyerang kelinci lainya. Kelinci seperti ini biasanya sering dijumpai pada kelinci pejantan.

6. Tidak Penakut/Ramah

Kelinci yg baik dan mudah dirawat adalah kelinci yg tidak penakut, terutama dengan manusia. Sangat gampang untuk membedakan kelinci yg penakut dan tidak. Coba dekatkan tangan Anda dipinggir kandang, kelinci yg tidak penakut akan dengan senang hati mendekati tangan Anda, terutama jika ada makanan di tangan Anda🙂. Kelinci yg tidak penakut cenderung lebih mudah perawatanya dan sangat baik untuk dijadikan indukan/diternakan, karena biasanya kelinci tsb lebih sering menyusui dan lebih senang merawat anaknya dibanding kelinci yg penakut. Tapi tidak berarti semua kelinci yg tidak ramah itu buruk, biasanya kelinci yg sedang hamil/birahi akan menjadi agresif. Beberapa kelinci juga menjadi agresif saat tengah menyapih anak mereka,..hal ini wajar karena merupakan sikap keibuan para kelinci yg ingin melindungi anak2nya

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s